Kata Mahfud MD: Islam Tidak Ajarkan Khilafah Sebagai Sistem


Kata Mahfud MD: Islam Tidak Ajarkan Khilafah Sebagai Sistem

KabarPos.Com - Pakar hukum tata negara yang juga Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Prof Mahfud MD menegaskan bahwa Islam tidak mengajarkan khilafah sebagai sistem.

"Qur'an dan Hadits tidak mengajarkan khilafah sebagai sistem. Ajaran Qur'an dan Hadits hanya menyebut adanya negara adalah sunnah sedangkan sistemnya bisa beda-beda," sebut dia lewat akun Twitter @mohmahfudmd, Rabu (28/6).

Untuk itu kata dia, semakin kita menjelaskan bahwa sistem khilafah itu ada, maka akan semakin jelas pula bahwa sistem khilafah itu tidak ada di dalam sumber ajaran primer Islam.

"Saya paham historis. Sejak zaman dulu ada khilafah sebagai fakta tapi sistemnya beda-beda. Itu artinya setiap zaman dan tempat bisa membuat sistem sendiri-sendiri," terang Mahfud.

Dijelaskannya, adanya Bab Khilafah di kitab-kita fiqh hanya mengajarkan bahwa khilafah itu banyak macamnya dan setiap bangsa bisa membuat sesuai kebutuhannya sendiri-sendiri.

"Khilafah itu ada yang produk al Mawardi, al Maududi, as Suyuthi, al Afghani dan lain-lain. Bermacam-macam karena memang di Qur'an dan Hadis tak ada sistem yang baku," pungkas Mahfud, mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini. [kabarpos.com / rmol]

Bagikan Info Ini :