Ini Beban Utang yang Harus Ditanggung Setiap Penduduk Indonesia


KabarPos.Com -  Indonesia berada di posisi buncit dalam daftar masyarakat yang menanggung beban utang negara. Di posisi teratas, Jepang menempatkan masyarakatnya untuk berkontribusi besar dalam menanggung beban hutang negaranya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kendati ada di posisi bawah, pihaknya tetap harus berhati-hati. Pasalnya, jika tidak terkontrol maka tanggungan masyarakat untuk membayar utang negara akan meningkat layaknya Jepang.

"Utang kita dibanding negara lain, kita tentu harus hati-hati. Coba lihat Jepang, setiap orang di Jepang menanggung utang per kapita adalah USD 93ribu (sekitar Rp 1,2 miliar). Dan Jepang itu populasinya aging lagi, jadi sudah tua masih punya utang," ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (27/7).

Angka itu setara dengan tiga kali lipat pendapatan per kapita warga Jepang sebesar USD 38.572 (sekitar Rp 501 juta). Rasio utang Jepang terhadap PDB memang tergolong tinggi karena mencapai lebih dari 200 persen dari PDB-nya.

"Itu yang paling ekstrem. negara yang relatif sama dengan kita, dia memiliki rasio utang yang lebih tinggi dari kita," terangnya.

Sekedar informasi, beban utang yang ditanggung setiap penduduk di Indonesia mencapai USD 1.004 (setara Rp 13 juta). // (cr4/JawaPos)

Bagikan Info Ini :