Libur Tahun Baru, Puskesmas di Depok Tetap Buka 24 Jam


KabarPos.Com - Pelayanan kesehatan bagi warga Depok, khususnya yang berdomisili di Kecamatan Cimanggis selama libur tahun baru 2018, tidak akan terganggu. Sebab, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis akan tetap beroperasional untuk melayani masyarakat selama 24 jam.

"Meskipun memasuki hari libur nasional, pelayanan di Puskesmas Cimanggis tetap berjalan normal selama 24 jam," ujar Kepala UPT Puskesmas Cimanggis, Lely Nurlaely, Sabtu (30/12).

Menurut Lely, selama libur Tahun Baru 2018 hampir seluruh pelayanan di Puskesmas Cimanggis berjalan normal, yakni pemeriksaan umum, pelayanan gawat darurat, pelayanan bersalin, farmasi, laboratorium, serta berbagai jenis pelayanan lainnya. "Hampir semua jenis pelayanan di puskesmas kami buka seperti biasa. Hanya pelayanan untuk poli gigi saja yang tidak beroperasional," kata dia menerangkan.

Lely menambahkan, untuk malam pergantian Tahun Baru 2018, pihaknya juga tetap menyiagakan sejumlah tenaga kesehatan. Seperti, sejumlah dokter, perawat, bidan, petugas jaga laboratorium, serta petugas tenaga non kesehatan.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir apabila mereka merasakan sakit agar segera datang ke puskesmas," kata Lely.

Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinkes Enny Ekasari mengutarakan masyarakat tidak perlu khawatir untuk berobat ketika mengalami sakit pada saat libur tahun baru karena ada 11 puskesmas yang siaga tetap buka. Puskesmas yang akan bersiaga selama libur Natal dan Tahun Baru antara lain UPT Puskesmas Cimanggis, UPT Puskesmas Tapos, UPT Puskesmas Sukmajaya, UPT Puskesmas Cilodong, UPT Puskesmas Pancoran Mas, UPT Puskesmas Cinere, UPT Puskesmas Limo, UPT Puskesmas Cipayung, UPT Puskesmas Bojongsari, UPT Puskesmas Beji, dan UPF Puskesmas Kedaung.

Untuk jam operasional berjalan seperti biasa, karena 11 puskesmas tersebut beroperasi selama 24 jam. Layanan yang diberikan pun disesuaikan, terutama untuk layanan poli umum. "Secara teknis, semua diatur oleh Kepala UPT Puskesmas masing-masing yang penting pelayanan kesehatan pada masyarakat tetap berjalan," terang Enny.

Subscribe to receive free email updates: