Sangat Mungkin 2019 Ganti Presiden


KabarPos.Com - Kesiapan Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden merupakan sikap dari ketua umum Partai Gerindra yang selama ini ditunggu-tunggu. Dengan pernyataaan kesiapan Prabowo tersebut dapat dipastikan pertarungan antara Jokowi dengan Prabowo akan kembali terulang.

“Berbicara peluang Prabowo yang menjadi pesaing Jokowi, meskipun kali ini Prabowo melawan Jokowi yang menjadi petahana, namun melihat situasi baik perekonomian, hukum, maupun politik yang tidak kunjung stabil selama Jokowi berkuasa, tidak menutup kemungkinan dalam pilpres 2019 yang akan datang akan terjadi pergantian presiden,” tutur Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman kepada redaksi, Kamis (12/4).

Meskipun persaingan antara Jokowi-Prabowo sudah dipastikan kembali terjadi, namun karena banyak partai yang belum secara tegas menyatakan dukungan, Jajat melihat peluang munculnya calon alternatif terbuka lebar.

Namun karena ketatnya persaingan antara Jokowi dan Prabowo, peluang untuk mengusung calon alternatif tidak akan membawa pengaruh besar karena arena pilpres secara todas langsung sudah dikuasai antara kubu Prabowo maupun Jokowi.

“Tidak ada jaminan bagi petaha akan mampu mempertahankan kekuasaannya dengan mudah. Sebaliknya yang harus lebih hati-hati adalah Jokowi. Sejarah mencatat presiden yang diusung PDIP selalu gagal mempertahankan kekuasaannya. Bahkan Megawati saja sebagai ketua umum PDIP gagal meskipun sebagai petahana,” kata Jajat.

“Jadi tidak ada alasan akan menutup peluang kalau Jokowi tidak dapat dikalahkan, karena sejarah sudah mencatat kegagalan kader PDIP di masa lampau,” tutup Jajat.[rmol]

Subscribe to receive free email updates: